Sabtu, 24 November 2012

manfaat kurma bagi kesehatan tubuh



KURMA
 Berikut kandungan dan manfaat makanan nabi ( kurma ) bagi kesehatan,
  • KALIUM. Dalam 100 g kurma kering, terdapat 666 mg kalium sehingga berkhasiat menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke. Kalium berperan penting untuk melancarkan pembuluh darah, membuat denyut jantung lebih teratur, mengaktifkan kontraksi otot,dan menstabilkan tekanan darah.
  • SALISILAT. Salisilat adalah zat yang digunakan sebagai bahan baku aspirin (obat pengurang/penghilang rasa sakit dan demam). Salisilat bersifat mencegah pembekuan darah, antiinflamasi, dan penghilang rasa nyeri. Salisilat biasa di temukan pada kurma yang sudah kering.
  • KARBOHIDRAT ATAU ZAT GULA. Kandungan karbohidrat pada kurma yang di panen masih lembek dan mentah berkisar 60%. Sedangkan pada kurma kering (yang mongering di pohon terjemur matahari) berkisar 70%. Jadi kurma menyuplai 230 kcal energy. Kandungan zat gula 70% tersebut tidak berbahaya bagi kesehatan. Kebanyakan varietas kurma mengandung gula glukosa (gula dalam darah). Menurut DR. David Conning, direktur british Nutrition Foundation, segelas air yang mengandung glukosa akan diserap dalam waktu 20-30 menit. Sedangkan gula yang terkandung dalam kurma baru akan habis terserap dalam waktu 45-60 menit.
  • VITAMIN DAN ZAT GIZI. Dalam setiap 100 g kurma kering terkandung 50 UI vitamin A; 0.4 mg, vitamin C; 0,09 mg, tiamin; 0.10 mg, ribovlavin; 2,20 mg niasin, asam nikotinat, dan zat besi. Zat-zat gizi tersebut berfungsi membantu melepaskan energy, menjaga kulit dan saraf agar tetap sehat, serta penting untuk organ jantung. 
  •  MINERAL penting (magnesium, potassium, dan kalsium). Kurma juga mengandung semacam hormone potuchsin yang bisa menciutkan pembuluh darah dalam rahim sehingga mencegah terjadinya pendarahan rahim bagi seorang wanita.
  • LEMAK. Kandungan lemak pada buah kurma sangat rendah yaitu 0,4 g per 100 g kurma. Dengan hanya makan satu porsi ekstra makanan kaya kalium minimal 400 mg/hari maka dapat menurunkan 40% resiko fatal terserang stroke.batas minimal 400 mg/hari tersebut mudah sekali di penuhi dengan hanya makan kurma kering minimal sekitar 65 g atau setara dengan lima butir buah kurma.

Nah, inilah khasiat dari buah kurma, yang baru di ketahui sudah berabad-abad lamanya.
Rasulullah Saw mengajurkan kita untuk makan buah kurma, hal ini semakin membuktikan bahwa Beliau memang suri teladan yang baik di contoh bagi masyarakat modern.

Semoga bermanfaat yah… J. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar